Rabu, 16 Juni 2021

AKSI NYATA MODUL 3.3

PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID

“BERPRESTASI DENGAN BUDAYA SETEMPAT”



1. PERISTIWA ( FACT )
LATAR BELAKANG

Saat ini era digital sudah sangat berkembang sehingga mempengaruhi perkembangan dan kemajuan belajar murid. Ada beberapa hal yang menjadi tugas kami sebagai pendidik yang harus berjuang digarda terdepan agar motivasi belajar murid bisa meningkat.
Berdasarkan profil Pancasila yang menganut  tentang Kebhinekaan Global maka pelestarian budaya dengan mengusung tema Merdeka Belajar sangat tepat di SMPN 1 Penajam Paser Utara.
Salah satunya adalah pengenalan bakat dan minat murid dengan memperkenalkan  budaya setempat.
Kita tahu bahwa masing-masing daerah memiliki ciri khasnya, seperti rumah adat, pakaian adat, tarian adat, hingga lagu daerah.
Kebudayaan ini harus tetap di lestarikan di tengah maraknya pengaruh dari budaya asing yang masuk ke Indonesia.
Saat ini saya mengangkat tema tentang modal budaya/agama. Dimana kita ketahui bahwa murid di zaman seperti ini untuk mengenal budaya daerah yang ada di daerah sendiri sudah mulai terkikis.
Maka melalui pelajaran seni budaya, saya tergerak untuk memperkenalkan pada murid tentang budaya yang ada didaerah seperti budaya tarian daerah.
Mengangkat dan memperkenalkan budaya daerah agar minat dan bakat murid bisa tersalurkan dengan baik. Dan dampak bagi pembelajaran sangat besar terutama dalam materi seni tari.

Untuk memacu kegiatan belajar murid, perlu pemberian motivasi yang sangat diperlukan, sebab murid yang tidak mempunyai motivasi dalam belajar, tidak akan mungkin melakukan aktivitas belajar.
Motivasi ada dua, yaitu motivasi Intrinsik dan motivasi ektrinsik.
• Motivasi Intrinsik. Jenis motivasi ini timbul dari dalam diri individu sendiri tanpa ada paksaan
   dorongan orang lain, tetapi atas dasar kemauan sendiri.
• Motivasi Ekstrinsik. Jenis motivasi ini timbul sebagai akibat pengaruh dari luar individu,
   apakah karena adanya ajakan, 
suruhan, atau paksaan dari orang lain sehingga dengan
   keadaan 
demikian murid mau melakukan sesuatu atau belajar.


 Sosialisasi bersama rekan kerja di SMPN 1 Penajam Paser Utara terhadap program yang berdampak pada murid


             

TUJUAN

Dengan adanya minat dan bakat murid berdasarkan pembelajaran berdiferensiasi. Dilakukan peminatan dasarkan  kondisi murid untuk mengenal budaya sangat minim, dimana di era modernisasi ini banyak sekali murid yang lebih condong mengenal budaya asing. Makanya tugas guru adalah mengenalkan budaya setempat dengan memberi motivasi dan praktek secara langsung.






Dalam hal ini pertama yang dilakukan adalah melakukan sosialisasi pada rekan kerja tentang program yang berdampak pada murid dan bagaimana program kedepannya.
Program ini dalam bentuk tarian. Bagaimana memperkenalkan budaya tarian pesisir yang berjudul JEPEN PANTAI MANIS pada murid nantinya melalui materi seni budaya.
Apalagi program pengenalan materi seni tari sangat berdampak baik pada murid karena ada kelanjutan jika program pengenalan budaya daerah di sekolah melalui kegiatan ekstrakurikuler tari.
Setiap minggunya murid melakukan latihan bersama untuk memperkenalkan tarian dan nantinya hasil latihan muird ini bisa berdampak besar dengan mengikuti kompetisi. Baik itu dijenjang kabupaten maupun ke jenjang yang lebih tinggi.


 DESKRIPSI

Setelah sosialisasi bersama kepala sekolah dan rekan guru serta komunitas praktisi maka telah disepakati untuk melanjutkan program yang telah dirancang.
Hasil dari Aksi Nyata pemberian beberapa gerak setiap minggunya pada murid sehingga terlihat beberapa gerakan. Murid terlihat antusias mengikuti program pelestarian budaya daerah dengan mengenal beberapa ragam gerak tari Jepen..
Ada beberapa gerakan dalam tari JEPEN PANTAI MANIS YAITU: 

  1. Pembukaan
  2. Samba setengah
  3. Samba penuh
  4. Step
  5. Double step
  6. Tinjak
  7. Dana-dana
  8. Ayun anak
  9. Penutup


MINGGU 1
Pengenalan gerakan pertama adalah pembukaan dengan beberapa ragam gerak awal


          


MINGGU KE 2
Tahap menghapal gerakan yang sudah diberikan pada minggu yang lalu. Terutama pada gerakan samba setengah dan samba penuh






MINGGU KE 3
Pemantapan materi gerak pada murid dan persiapan untuk mengikuti lomba




 MINGGU KE 4
 Penutup, minggu ke 4 ini diharapkan gerakan sdh bisa di lakukan dengan baik dan kompak,
 mengingat waktu yang diberikan







2. PERASAAN ( FEELING )

     Perasaan saya saat aksi nyata ini dilakukan jelas sangat berkesan karena program yang sangat berdampak pada muird dengan mengenalkan budaya lokal. 
Jenis tarian yang dilperkenalkan untuk menarik dan mengembangkan minat dan bakat murid sehingga warisan budaya lokal tidak punah, jenis tarian ini juga  ditujukan untuk mengikuti lomba FLS2N cabang seni tari kreasi daerah.
Tarian tersebut bisa dihapalkan oleh murid dan bisa ditularkan pada murid yang lain, sehingga proses pembelajaran nanti berkelanjutan dan murid-murid bisa merasakan dampaknya mengenal budaya lokal..
Pada saat latihan ada tehnik STOP yang dilakukan untuk memberikan jeda pada murid yang sedang berlatih.


3. PEMBELAJARAN ( FINDING )

Pelaksanaan program ini akan selalu memberikan hal positif pada murid. Terutama budaya disiplin.
Murid jadi terlatih untuk bisa mengatur waktu dan melatih kepekaan murid dalam mengenal budaya dan menjaga kelestarian adat yang ada didaerah serta menjaga tingkah laku yang baik.
Untuk program ini hanya beberapa murid yang terlibat, berhubung pandemi dan tarian ini juga untuk peningkatan prestasi murid dengan mengikutkan mereka lomba FLS2N yang hanya berfokus pada 5 murid saja.
Peran orang tua juga sangat penting untuk pengembangan bakat anaknya dengan mendukung kegiatan di sekolah.


4. PENERAPAN KE DEPAN ( FUTURE )

Dengan latihan kesadaran penuh (mindfulness) menjadi sangat relevan dan penting bagi siapapun untuk dapat menjalankan peran dan tanggung jawab dengan baik.
Rencana perbaikan program kedepannya
Kedepannya program ini akan melibatkan murid yang lebih banyak agar semakin banyak murid yang mengenal budaya lokal dan mau menjaga tradisi setempat. sehingga budaya setempat/lokal tetap terjaga dan tidak tergerus oleh zaman yang semakin modern.

                                                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

AKSI NYATA MODUL 3.3

PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID “BERPRESTASI DENGAN BUDAYA SETEMPAT” 1. PERISTIWA ( FACT ) LATAR BELAKANG Saat ini era digital...